Che Menggugat Politik dan Cinta

Vocalis CUPUMANIK bernama candra yang biasa dipanggil ‘che’ ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata.lelaki yang mengusung aliran grunge ini selain memiliki suara khas ia juga sangat cerdas dalam menjawab pertanyaan pertanyaan yang dilontarkan tentang musik , cinta sampai politik.

ini adalah hasil wawancara ekslusif dengan che cupumanik yang patut disimak.

Q : kenapa album cupumanik diberi nama ‘menggugat’? Apa isi lagu dalam album terbaru mengisyaratkan kekecewaan dan kemarahan ?

CHE : Album ke 2 CUPUMANIK di beri nama MENGGUGAT, karena:
kata “Menggugat” mengacu pada sesuatu yang menderita sakit, yang disebabkan ketidakadilan, kebuntuan, keresahan, kemunduran dan kesalahan. Akan tetapi kata itu pun mengidamkan hari esok yang lebih baik dan bebas. Gugatan ini mengandung energi yang besar agar keluar dari kondisi lama yang buram dan gelap. Menggugat, kata ini ditulis dengan rasa sedih tapi dengan sikap yang teguh, dia menjadi hidup, bergerak dan mengandung tenaga untuk melawan menyemburkan emosi dan keresahan. Delapan lagu yang ada di album ini adalah gugatan-gugatan CUPUMANIK. kata MENGGUGAT bisa menjadi mantra, menghadirkan imaji di kepala, mengalirkan keberanian untuk mengorbankan diri demi kondisi yang lebih baik. Menggugat adalah sebuah kata yang menyatukan tekad. Maka dengan album ini, Cupumanik menuntut  dan ingin terlibat dalam melakukan pencerahan dan perbaikan.

Q : grunge itu apa menurut pandangan che sendiri?

CHE : GRUNGE itu saya, dan saya adalah anak Grunge Indonesia.

Q : apa che sendiri senang disebut musisi grunge? Sementara vocalist pearl jam bahkan nirvana sendiri tidakbpernah suka disebut grunge ?

CHE : Saya senang menyatakan diri si anak grunge, sikap Kurt Cobain dan Eddie vedder yang mengelak grunge gak jadi soal, karena sejak awal saya jd anak grunge gak ngikutin mentah-mentah Grunge Dunia, Grunge yang di usung Cupumanik misalnya pake bahasa Indonesia, bukan bahasa Inggris seperti mereka, Grunge dengan lirik yang terkenal prustasi dan terisolasi, Kami malah bikin lirik-lirik ide pencerahan, jd sejak awal ada hal yang berbeda, tak masalah sikap kami gak nurut dan ngikutin para Hero grunge itu di dunia. Justru gara-gara Kurt dan veddder yang ogah bilang genre mereka Grunge, di Indonesia orang jadi malu, ambigu dan membingungkan menyatakan siapa diri mereka, jadi kebingungan dan ketidak percayaan diri itu, jangan diterusin. Sikap pernyataan tegas perlu dikatakan, makanya saya bikin lagu Grunge Harga Mati, itu demi deklarasi pernyataan diri yang tegas.

Q : sekarang ini ada sebutan grunge rapih dan berdasi.apa pendapat che?

CHE : Iya, ada banyak istilah muncul, grunge wangi, grunge langitan, rumputan. Justru malah seru ada banyak istilah muncul, dan saya juga bikin istilah ROCKOTOR untuk Grunge Indonesia.

Q : kenapa memilih jalur musik indie? Bukankah dulu pernah bernaung di label besar.sementara musisi saat ini krbanyakan ingin bekerja sama dengan label?

CHE : Bergabung di Indie karena udah gak punya label gede, dulu gabung dengan label Pops Aquarius karena udah ga sejalan visinya, kami bercerai baik-baik dan sekarang di jalur indie, tapi sama aja sih, dulu jaman gabung sama mainstream, Cupumanik tetep main di acara Indie. Musisi sekarang mau gabung sama label karena mungkin biar segalanya ada yang urus, tapi menjadi musisi indie sekarang udah banyak jalan mudah kok, dengan adanya internet musisi indie punya kesempatan mempromosikan album dengan bagus, jendela popularitas bahkan saat ini bukan cuma lewat jendela TV, menjadi musisi indie saat ini menyenangkan.

Q : cinta itu menurut che apa ? Jika digambarkan cinta itu berbentuk apa ?

CHE : Cinta itu gerakan dan jebakan. Bentuk Cinta bolehlah seperti uang koin yang punya dua sisi. Tanpa Cinta ga ada alasan penting untuk menjalankan hidup, cinta uang, cinta harta, cinta wanita, cinta negara, cinta hidup, cinta pria, cinta pekerjaan, hidup ini bergerak karena cinta, dan semua kekacauan juga karena itu, orang perang karena ingin mempertahankan negaranya, patriotisme itu cinta. Cinta juga yang bikin air mata jatuh.

Q : apa yang ada dalam fikiran che saat menciptakan lagu syair manunggal? Dan apa pesan yang disampaikan dilagu itu?

CHE : Lagu “Syair Manunggal” tercipta karena satu pertanyaan tentang Ibrahim, kok nabi yang satu itu dijuluki bapak para Nabi dan bapak tauhid tapi tak dianugerahi membawa kitab suci?, kenapa yah?. Dan ternyata Kitab Suci itu kan teks buku, sementara Ibrahim adalah buku yang bergerak. Artinya sikap dan sifat dia menemukan Tuhan dan pengorbanan-nya menemukan iman adalah praktek yang nyata dari kitab suci. Lagu ini saya bikin demi berbagi renungan, ya kalo udah baca teks kitab suci, lalu tutup bukunya dan kerjain, Agama seseorang kan seperti dapur pada akhirnya, orang ga perlu tau secara detail apa agama kita, apa ritual kita, orang ga perlu tau di dapur kita masak pake wajan apa, bumbu apa, yang penting orang ngerasain kita pribadi yang baik, yang penting orang bisa makan enak dan sehat dari dapur kita.

Q : buku apa yang sangat menginspirasi che ? Kenapa?

CHE : Buku yang menginspirasi banyak banget, itu karena saya tipe orang yang sangat pemilih kalo beli buku, jadi semua buku saya itu terbaik dari yang ada.

Q: apa yang membuat che mrnjadi salah satu relawan salah satu capres tahun ini? Sementara che sendiri sangat idealis dalam memandang politik?

CHE : Menjadi Relawan Jokowi karena panggilan hati, ada harapan politik negara sepertinya akan waras di tangan dia, tapi kalo ternyata pilihan saya salah ya tinggal jadi relawan lagi untuk menggulingkan Jokowi.

Q : apa pendapat che tentang atheis?

CHE : Atheis (Tak BerTuhan), sering kali sebuah pilihan yang tidak konsisten, bilang tak bertuhan tapi mereka menuhankan pikiran-nya, bilang gue atheist tapi mereka menuhankan dunia, itukan gak konsisten. Artinya Manusia tak bisa sungguh sungguh tak berTuhan. Tapi Atheis juga pilihan yang pernah dipake Ibrahin, pada fase dia membuang agama Pagan dari orang tuanya yang menyembah Patung, hatinya terusik dan melepas Tuhan pagan ala bapaknya, artinya Ibrahim pernah mengalami fase Atheis, tapi dia Atheis yang mencari, dan akhirnya menemukan Allah.(cahaya dewi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.